MY LIFE

HIDUP ADALAH SEBUAH PERJALANAN PANJANG DAN AKU TAK INGIN MENYIA-NYIAKAN SETIAP MOMENTNYA

Rabu, 26 Juni 2013

Poster oh poster

Oke, ada cerita dibalik semua kegiatan yg kita lakukan, itu pasti. Aku kepingin ngeshare proses pembuatan poster buat tugas Teknik Komunikata eh.. Teknik Komunikasi ding. Lanjut, ini poster buatanku guna memenuhi tugas yang diberikan dosen, jelek? biarin!


Gini nih ceritanya kenapa aku buat poster macam kaya gini, 
Konsepnya, ada gambar orang atau kuli di sebuah pelabuhan yang sedang ngangkat perahu yang diatasnya ada bahan bakar buat ngejalanin perahunya, kaya solar atau bensin, sebenernya ada filosofi yang aku ciptain sendiri dari gambar ini. Artinya bahwa seorang kuli pelabuhan atau nelayan itu hanya menggantungkan kehidupannya dari sebuah kapal untuk mencari nafkah, sedangkan harga bahan bakarnya aja sangat mahal, maka dari itu aku gambarkan dengan seorang kuli yang mengangkat kapal dan bahan bakarnya.

Lalu setelah selese gambar yang aku buat di CorelDraw aku bingung mau ngasih apalagi, yowis tak kasih gambar pelabuhan dengan background warna biru yang menandakan laut, trus tak kasih tulisan "Buruh Kuli Angkut Nelayan, Bagaimanakah Nasib Mereka?", ya mungkin kurang bagus sih, tapi yowis lah yang penting dikerjain dengan sekuat pikiran, gimana menuangkan ide ke dalam sebuah kanvas itu tidaklah mudah dan harus sering latihan, hehe..

Sebenernya buat apaan sih mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota buat poster? Jadi gini, namanya seorang planner / perencana, harus bisa menuangkan idenya kedalam sebuah kertas sehingga rekan kerja, masyarakat paham akan pemikiran perencana, nah kalo menurutku sih poster berguna banget buat sosialisasi kepada masyarakat akan proyek atau rencana dari pemerintah (jadi seorang planer itu sebagai penengah antara pemerintah dan masyarakat) dengan poster yang bagus, yaitu dapat memberikan kesan dalam watu beberapa detik sehingga masyarakat mau untuk mendekat dan membacanya, maka tidak akan terjadi miskomunikasi antara pemerintah dengan masyarakat.

Oke mungkin ini dulu yg pengen tak share, kalo bermanfaat syukur, kalo ndak juga rapopo, hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar